Trending

4 Aneka Olahan Masakan Dari Belut

niadi.net - Belut, ikan kebanggaan orang-orang desa, terutama penduduk di tempat-tempat yang masih luas areal sawahnya. Ikan lumpur ini memang gurih dan lezat rasanya. Belut setelah dihilangkan lendir-lendirnya dengan cara meremas-remas dengan mempergunakan abu gosok yang dicampur daun jambu dan daun pisang muda, selanjutnya dibelah perutnya dan buah bagian-bagian yang tidak dimanfaatkan. Kemudian tinggal mencuci bersih. Pengolahannya? Bisa dipilih masakan berupa:

1. Goreng Belut

jenis olahan belut, macam olahan belut, aneka olahan belut goreng, aneka olahan belut pedas, aneka olahan belut untuk balita, olahan belut ala jepang, olahan belut asap, olahan belut bakar, olahan belut balado, olahan belut resep, olahan belut sawah, olahan belut sederhana, olahan belut segar, olahan belut umpan lele, olahan belut ungkep, olahan keripik belut, olahan makanan belut, olahan mangut belut, olahan masak belut, olahan masakan belut, olahan masakan dari belut, resep olahan daging belut, resep olahan dari belut, resep olahan ikan belut

Bumbu berupa garam, ketumbar, bawang putih dan kunyit yang dilumatkan. Lalu diaduk-aduk bersama daging belut yang telah dicuci bersih. Kalau belutnya besar-besar dipotong-potong dulu seperlunya. Campurkan kemudian sedikit cuka atau asam kawak sedikit. Lalu aduk-aduk kembali sampai rata. Biarkan dulu sebentar, agar bumbu-bumbu lebih meresap. Setelah meresap, tinggal menggorengnya dalam minyak mendidih. Daging belut yang telah masak warnanya kekuning-kuningan dan kering.

2. Sayur Belut

cara memasak belut, belut goreng berlada, aneka olahan dari belut, aneka olahan ikan belut, aneka olahan masak belut, berbagai olahan belut, bikin olahan belut, olahan belut buat anak, olahan belut buat balita, olahan belut buat bayi, olahan belut cabe hijau, olahan belut enak, olahan belut untuk anak, olahan belut untuk anak 1 tahun, olahan belut untuk anak balita, olahan belut untuk bayi, olahan mpasi belut, olahan pare belut, olahan pecak belut, olahan sambal belut, olahan sup belut, olahan tongseng belut, olahan unik dari belut, resep olahan mangut belut

Daging belut enak juga disayur. Sayur daging ikan ini mempergunakan bumbu berupa picung, garam, laos, cabai merah, asam dan kemiri. Bumbu tambahannya berupa bawang goreng dan pecin / vitsin. Sebelum dimasak, belut yang telah bersih dicuci, dipukul-pukul dulu bagian punggungnya dengan pemukul yang terbuat dari kayu.

Setelah ikan belut menjadi pipih dan melebar, baru kemudian dipotong-potong seperlunya. Pemipihan dan pemotongan ini dimaksud agar bumbu lebih cepat meresap bila dimasak. Bumbu-bumbu yang telah halus dilumat, digoreng dengan sedikit minya. Setelah agak kering dan berbau menyengat, masukkan potongan-potongan daging belut ke dalamnya. Oseng-oseng sebentar. Tuangi air secukupnya. Tutup. Biarkan mendidih sampai masak.

3. Pepes Belut

resep belut goreng kering, resep belut goreng tepung, bisnis olahan belut, bumbu olahan belut, contoh olahan belut, hasil olahan belut, hasil olahan ikan belut, olahan belut goreng, olahan belut jogja, olahan belut kering, olahan belut krispi, olahan belut kuah, olahan belut untuk dijual, olahan belut untuk ibu hamil, olahan belut untuk makanan bayi, olahan belut untuk mpasi, olahan belut yg enak, produk olahan belut, resep masakan olahan dari belut, resep olahan belut bakar, resep olahan belut goreng, resep olahan belut goreng tepung, resep olahan belut laut, resep olahan pare belut

Ikan belut yang telah dibersihkan dan dicuci, dipukul-pukul dulu bagian punggungnya. Setelah agak pipih dan melebar dipotong-potong seperlunya. Bumbu-bumbu berupa irisan bawang merah, cabai merah, garam, asam dan kemiri dihaluskan. Kemudian parutan tongtolang/tongtalang (buah nangka muda alias babal) dicampurkan. Daging belut dan bumbu diaduk-aduk menjadi satu sampai tercampur rata. Kemudian kucurkan minyak kelapa sedikit.

Selanjutnya hasil campuran dibungkus memanjang dengan daun pisang. Setelah ujungnya dikunci dengan biting, bungkusan dipanggang atau dibenamkan dalam abu yang masih membara.

4. Belut Cobek

resepi belut goreng berlada, jenis olahan belut, kreasi olahan belut, kuliner olahan belut, macam olahan belut untuk anak, macam2 olahan belut, membuat olahan belut, olahan Belut, olahan belut kuah santan, olahan belut lada hitam, olahan belut laut, olahan belut listrik, olahan belut panggang, olahan belut pedas, olahan daging belut, olahan dari belut, olahan dari pare belut, olahan ikan belut, olahan ikan belut untuk balita, resep olahan belut pedas, resep olahan belut untuk balita, resep olahan belut untuk bayi, resep olahan belut untuk mpasi, resep olahan belut yang enak

Kacang tanah yang telah digoreng dihaluskan bersama garam, cabai, bawang merah, ditambah sedikit asam dan jahe. Kemudian masukkan belut goreng, lalu tambah air secukupnya. Akan lebih sedap lagi kalau hidangan ini dilengkapi dengan potongan-potongan mentimun, tomat, kol putih dan kacang panjang yang diiris-iris rapi.

Itulah 4 Aneka Olahan Masakan dari Belut. Boleh Anda coba, dan semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak