Trending

Bagaimana Cara Merawat Hamster si Lucu nan Imut yang Baik dan Benar

niadi.net - Masih ingat film kartun hamtaro? bagi yang mengenalnya pasti tidak asing seperti halnya film doraemon. Coba tengok gambarnya "ngegemesin bukan?" :D

hamster lucu, jenis hamster, hamster paling mahal, makanan hamster, jenis hamster yang jinak, kandang hamster, jenis hamster mata merah, jenis hamster winter white, hamster campbell, funny hamster meme, funny hamster names, my funny hamster, funny hamster wheel videos, funny hamster videos 2020, hamsters cute tv, hamster maze, major hamster

Tapi kali ini kami tidak akan menceritakan tentang film anime hamtaro, hanya saja ingin berbagi pengetahuan tentang hewan bernama hamster yang dijadikan model karakter di film hamtaro tersebut.

Hamster, termasuk dalam famili Muridae, ordo Rodentia atau binatang pengerat. Hewan ini tersebar di seluruh dunia mulai dari Rumania, Bulgaria, melintasi kawasan Kaukasus dan Asia Kecil, Irian dan Australia. Di antara beberapa jenis hamster yang dikenal hamster perut hitam, hamster abu-abu dan hamster kerdil, hamster emas merupakan jenis yang biasa dipelihara.

Habitat aslinya adalah daerah kering seperti stepa, di tengah-tengah gundukan pasir atau pinggir gurun pasir. Tetapi tidak aneh bila ia bisa ditemukan di tempat yang biasa ditanami atau tanah-tanah yang telah digarap. Bahkan ada juga yang di temukan di sepanjang tebing sungai.

Hamster biasanya bersarang dengan menggali tanah dan membuat gorong-gorong. Pada malam hari ia keluar untuk mencari makan, walaupun tak tertutup kemungkinan siang juga mencari makan. Kantung pipinya yang besar digunakan untuk mengangkut ke sarang. Kantung itu dapat diisi penuh sehingga pipinya tampak menggelembung besar dan kelihatan tidak sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Umumnya hamster makan bahan nabati, padi-padian, sedang buah-buahan, akar akaran dan pucuk dedaunan serta nabati lain menjadi makanan ekstranya.

Kata teman yang memelihara hamster, pakan atau makanan yang biasa diberikan untuk hamsternya adalah jagung muda, hanya malam hari ditambah dengan kangkung.

Masa hamil hamster emas biasanya sekitar 17 hari, dan anak-anaknya lahir dalam keadaan tak berbulu, berwarna merah serta buta. Biasanya sekali lahir mencapai 6-12 ekor. Hanya dalam waktu 3 sampai 4 minggu, anak-anaknya itu sudah bisa mandiri. Hamster betina hanya bisa melahirkan 2-3 kali dalam satu tahun. Setelah berusia lebih dari 9 bulan bisanya hamster betina tidak mampu lagi untuk berkembang biak. Usia hamster rata-rata hanya sampai 2 tahun.

Kanibal

Yang harus diperhatikan adalah setelah perkawinan, si jantan harus segera dipisahkan dari si betina. Sebab setelah perkawinan usai, sering timbul rangsangan pada si betina untuk membunuh si jantan. Begitu pula bila tempat bersarangnya itu dirasa kurang ideal maka anak-anaknya yang lahir akan disantap.

Yang diperlukan dalam kandangnya adalah saluran pengeluaran untuk membuang kotoran mereka secara langsung. Hingga tidak banyak yang mati disebabkan karena kotornya kandang. Bila kebersihan kandang bisa dijaga, dalam waktu singkat sepasang hamster akan menjadi puluhan ekor. Itulah Cara Merawat Hamster si Lucu dan Imut.
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak