5 Tempat ini cocok buat Anda yang pengin Menikmati Hari Libur Imlek

kota singkawang, imlek singkawang, cap go meh singkawang 2019, cap go meh 2019, cap go meh singkawang 2018

Niadi.Net – Perayaan pada hari Imlek selalu diadakan dengan meriah, entah itu sebelum maupun sesudah hari Imlek dijadikan sebagai Hari Libur Nasional.

Dekorasi-dekorasi indah berbalut warna merah menjadi bagian yang tak terpisahkan pada perayaan imlek, lengkap dengan keseruan pada setiap rangkaian acaranya menjadikan hari imlek adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi para pecintanya.

Makanan peranakan yang khas menjadi kuliner yang selalu ada dalam perayaan imlek, paduan bumbu dapur dari negeri Cina dengan bumbu-bumbu khas tanah air akan mudah ditemukan di hari imlek.

Ada banyak tempat di Indonesia yang selalu menyambut hari Imlek ini dengan mengadakan festival. Tanpa terkecuali, semua orang bisa ikut menikmati festival perayaan ini.

Hanya melihat-lihat, ber-selfie wefie ria, atau sekedar menikmati kuliner khas peranakan, apapun boleh.

Di Indonesia, ada 5 tempat yang pas untuk kita datangi ketika perayaan Imlek tiba. Berikut ulasannya:

1. Singkawang, Kalimantan Barat

kota singkawang, imlek singkawang, cap go meh singkawang 2019, cap go meh 2019, cap go meh singkawang 2018
Pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 tahun lalu di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Pawai Lampion menjadi acara puncak dari rangkaian acara yang ada. Wisatawan dan warga setempat yang menyaksikan acara akbar disana mencapai ribuan.

Baca juga:  Aneka Olahan Masakan Dari Belut

Kota Singkawang menjadi salah satu kota yang terkenal dalam perhelatan akbar Cap Go Meh. Kemeriahaan dalam setiap rangkaian acaranya memantik para wisatawan untuk datang ke kota itu. Bahkan, okupansi hotel dan penginapan selalu penuh ketika momen Cap Go Meh tiba.

Dari beberapa rangkaian acara pada momen Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang ini tidak hanya festival lampion yang menjadi ke-khas-annya, ada juga parade patung, replika naga, bahkan pula ada pawai antar suku dan agama. Toleransi keberagaman menjadi sangat terasa dalam perhelatan akbar ini.

2. Lasem, Jawa Tengah

Kelenteng Poo An Bio, Lasem, Rembang, Jawa Tengah, imlek, cap go meh, vihara
Di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ada 3 buah Kelenteng yang ramai dikunjungi terutama pada pekan dimana hari Imlek dan Cap Go Meh tiba.

Kelenteng Poo An Bio, yang ada di Desa Karangturi, Lasem menjadi salah satu kelenteng yang ramai didatangi wisatawan ketika ada perayaan Imlek. Pintu masuk Kelenteng Poo An Bio menjadi spot yang paling banyak di incar para wisatawan untuk berfoto.

Yang tak kalah menarik dari Lasem lainnya adalah rumah warga yang mempunyai desain khas rumah peranakan, itulah juga mengapa Lasem mendapat sebutan sebagai Tiongkok Kecil.

Baca juga:  10 Tempat di Indonesia yang menjadi tujuan pada perayaan Valentine

3. Solo, Jawa Tengah

imlek pasar gede solo 2019, acara imlek pasar gede solo, imlek di pasar gede solo, lampion imlek pasar gede solo
Kawasan Pasar Gede menjadi lokasi pusat perayaan Imlek di Kota Solo. Acara yang sudah dimulai sejak tanggal 27 Januari 2019 dan akan berakhir sampai tanggal 20 Februari 2019.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek 2567, di kawasan Pasar Gede dan Kali Pepe menjadi lokasi ditempatkannya 4.000 lampion untuk lebih menyemarakkan rangkaian acara perayaan Imlek selain dari rangkaian kegiatan seperti penyalaan kembang api, pentas barongsai dam liong, donor darah, dan aksi sosial.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek 2569, 5.000 lampion akan mengisi kawasan Pasar Gede, juga di sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo akan ada 12 lampu shio terpasang. Kesenian keroncong rencananya juga akan dihelat pada perayaan Imlek tahun 2019 ini.

4. Bogor, Jawa Barat

perayaan imlek surya kencana bogor, sarapan di surya kencana bogor, surya kencana bogor hotel, lokasi taman surya kencana bogor, sejarah surya kencana bogor, asinan bogor surya kencana
Pada 2 Maret 2018, di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat, Street Festival mejadi pawai pesta rakyat Cap Go Meh yang meriah.

Momen puncak dari perayaan Imlek di Kota Bogor yang dilaksanakan setiap tahunnya ini tak lupa selalu membawa unsur-unsur budaya nusantara di dalamnya.

Baca juga:  Aneka Olahan Masakan Dari Belut

Momen perayaan Cap Go Meh sendiri selalu di adakan di Kota Bogor tepat 15 hari setelah Hari Imlek. Jalan Suryakencana Pecinan Bogor menjadi pusat dari perayaan akbar Hari Imlek.

Ribuan lampion, dan pertunjukan marching band dan sanggar seni serta barongsai menjadi pagelaran yang selalu ada dalam kemeriahaan perayaan Imlek di Kota Bogor.

5. Jakarta

perayaan imlek vihara dharma bhakti, perayaan cap go meh Vihara Dharma Bhakti, imlek Kelenteng Kim Tek Ie, Glodok Petak Sembilan Jakarta Barat
Vihara Dharma Bakti atau Kelenteng Kim Tek Ie di Glodok, kawasan Petak Sembilan Jakarta Barat, mejadi tempat yang sibuk ketika hari Imlek tiba.

Sembahyang, menjadi ungkapan rasa syukur warga keturunan Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

Bila Anda mampir ke daerah Pecinan kawasan Petak Sembilan sekarang ini, maka Anda akan mendapati banyak penjual yang menawarkan berbagai macam alat kelengkapan untuk perayaan Hari Imlek. Seperti alat sembahyang dan hiasan rumah juga angpao.

Di klenteng-klenteng daerah Glodok dan Pasar Petak Sembilan, aktivitas berburu foto dan kuliner banyak dilakukan para wisatawan. Tenang, walau daerah Pecinan, makanan-makanan disana pada halal kok.

Itulah 5 tempat yang pasti menarik untuk kita kunjungi saat liburan Imlek.