Kenapa Google Mengakuisisi Perusahan Fashion Fossil Sebesar Rp 567 Miliar?

fossil smartwatch gen 4, fossil sport smartwatch, fossil smartwatch review, fossil smartwatch gen 3, fossil gen 4 smartwatch review, smart watch, fossil smartwatch uk, fossil q explorist

Niadi.Net – Di awal tahun 2019 perusahaan raksasa mesin pencari Google menyisipkan sedikit uangnya sebesar 40 juta dollar AS, atau sekitar 567 miliar rupiah untuk mengakuisisi sebuah startup fashion yang bernama Fossil.

Info akuisisi itu diumumkan oleh Google pada laman situs resminya.

Lalu kenapa Google harus mengeluarkan uangnya demi perusahaan fashion? Apa Google di masa mendatang akan terjun pula di bidang fashion?

Ternyata langkah akuisis yang dilakukan Google terhadap perusahaan fashion Fossil ini lebih kepada teknologi yang dimiliki perusahaan Fossil tersebut. Dimana perusahan fashion Fossil ini memiliki sebuah teknologi smartwatch (jam pintar).

Sepertinya itulah yang menarik minat Google untuk membeli startup fashion Fossil.

Sebuah tim divisi riset juga pengembangan yang mempunyai tanggung jawab dalam teknologi jam pintar di startup Fossil itu pun langsung diboyong Google ke markasnya.

Greg McKelvey, Eksekutif Vice President dan Chief Strategy serta Digital Officer Fossil mengatakan bahwasanya perusahaan mereka adalah startup yang menjanjikan dalam hal peningkatan dan pemutakhiran teknologi smartwatch.

Kami membangun dan memutakhirkan teknologi yang potensial untuk meningkatkan platform smartwatch kami yang sudah ada,” ungkap Greg.

Pada sebuah pengumuman yang dikeluarkan oleh perusahaan, Greg juga berharap dengan masuknya Fossil ke Google bisa menghasilkan produk wearable device yang lebih berkualitas di masa mendatang.

Pada perilisan akuisisi Fossil oleh Google, memang tidak disebutkan lebih rinci mengenai teknologi apa saja yang nantinya akan didapat Google.

Akuisisi tersebut rencananya akan rampung di awal bulan ini.

Fossil

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2015 lalu Fossil telah mengakuisisi Misfit, yaitu startup wearable-tech. Dimana startup Misfit ini berfokus pada alat pelacak kebugaran atau fitness trackers.

Startup fashion Fossil berhasil mengakuisisi Misfit sebesar 260 juta dollar AS. Dan hasil dari pembelian itu menghasilkan perpaduan antara fashion dan produk jam tangan yang dipunyai Fossil dengan dasar dari teknologi yang dimiliki oleh Misfit.

Namun sayangnya, produk hasil perkawinan tersebut tidak berlangsung lama di pasaran, hingga pada akhirnya Fossil mengambil langkah keluar dari pasar tersebut.

Namun rekam catatan tersebut tidak menjadi suatu halangan Google untuk membeli Fossil. Dimana kita ketahui bahwa Google adalah perusahaan anak Alphabet yang mempunyai segalanya, terutama dalam bidang teknologi.

Langkah akuisisi Google terhadap Fossil sepertinya keputusan yang tepat dimana keduanya bisa bekerja sama dalam peningkatan produk smartwatch yang dimiliki Google untuk wearable device yang berbasis sistem operasi milik Google, yaitu Google Wear OS.

Google Fit

Pada tahun 2018 lalu, Gogole bersama Fossil juga telah membuat banyak fitur kebugaran dalam perancangan teknologi smartwatch. Dimana aplikasi Google Fit adalah salah satu hasil pengembangan dari kerja sama mereka yang menelurkan hasil berupa fitur Move Minutes dan Heart Point.

Yang menariknya pula bahwa hasil dari kerja sama Google dan Fossil berupa fitur Move Minutes dan Heart Point itu menjadi fitur yang direkomendasikan secara langsung oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan juga Asosiasi Jantung Amerika (AHA).

Fitur dari Move Minutes bekerja dalam menghitung setiap pergerakan fisik penggunanya dalam hitungan menit, dan fitur Heart Points akan memberikan sebuah reward bagi pengguna dalam tiap gerakan fisiknya berupa bentuk poin.