Sering Terkena Gatal di Kulit? Ini Cara Mudah Menghilangkannya!

cara mudah menghilangkan gatal kulit, badan gatal gatal bentol tanpa sebab, jenis gatal pada kulit, kenali penyebab gatal gatal pada kulit, kulit gatal bentol besar, kulit gatal kering, obat gatal alergi, obat gatal alergi bentol kulit

Niadi.Net – Banyak orang yang menganggap remeh penyakit gatal, karena sepintas penyakit gatal di kulit maupun badan ini adalah penyakit kecil yang bagi si penderitanya pun merasa tidak akan berefek buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun bila Anda terus mendiamkan penyakit gatal yang di anggap remeh ini sebenarnya bisa memicu menjadi masalah penyakit yang besar dan serius di kemudian hari.

Apa jadinya bila Anda terserang penyakit gatal di area sekitar atau bahkan di area yang sensitif seperti area kelamin? Dan gatal-gatal di area tersebut terasa ketika Anda berada di ruang publik, entah itu ketika berada di kerumunan banyak orang seperti di pasar, di dalam angkutan umum, dan lain semacamnya.

Apa yang akan Anda lakukan? Bersikap cuek dan tidak memperdulikan orang sekitar kah, lalu Anda dengan santainya menggaruk-garuk atau mengelus-elus di area sekitaran yang terasa gatal itu? Kami rasa Anda tak akan semudah itu melakukannya.

Penyakit gatal yang kita anggap remeh dan kecil ini bila dibiarkan lama kelamaan akan melebar luas dari satu organ tubuh yang terasa ke organ tubuh lainnya. Bahkan bila kita menggaruknya sembarangan penyakit gatal ini bisa menular pada orang yang ada disekitar kita melalui udara sebagai medianya.

Menggaruk sembarangan dan bahkan bila dilakukan dengan tidak lembut maka efek terhadap kulit juga akan menimbulkan bekas, yang jika terus menerus kita menggaruk di area yang sama maka kulit paling luar Anda akan mengelupas dan bekas yang seperti itu selanjutnya akan meninggalkan warna kulit yang melebam dan jalan awal bagi penyakit lainnya seperti infeksi kulit.

Bekas dari garukan di kulit yang menghitam itu juga menggganggu kemulusan dari kulit dan tentu bekas menghitam yang ditinggalkan itu tak akan sedap bila dipandang.

tips ampuh mengobati gatal di kulit, cara menghilangkan gatal di badan secara alami, cara menghilangkan gatal di kaki, kulit gatal bentol seperti digigit nyamuk, kulit gatal dan membengkak, obat gatal kulit tablet, obat gatal tradisional paling mujarab, penyebab tiba-tiba gatal seluruh badan

Cara Mudah Mengobati Gatal Di Kulit

Setidaknya ada dua cara bagi Anda untuk bisa mengobati penyakit kulit, diantaranya adalah dengan menggunakan pengobatan herbal (alami/tradisional) dan menggunakan obat-obatan modern.

Baik menggunakan pengobatan cara alami maupun modern keduanya bila dilakukan karena kondisi kulit seseorang bisa berbeda maka cara pengobatannya pun bisa berbeda pula.

Selain dari itu pula tentu yang menjadi perhatian bagi Anda adalah persoalan dari mudah tidaknya kita mendapat obat kulit tersebut, dan pertimbangan harga yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan obat dari penyakit kulit tersebut.

Sebelum kami menjelaskan lebih detail bagaimana cara mudah menghilangkan penyakit gatal di kulit ini ada baiknya Anda untuk tahu apa sih penyebab dari timbulnya penyakit di kulit tersebut.

Penyebab Penyakit Kulit

Apa saja faktor penyebab yang mengakibatkan penyakit kulit itu muncul, setidaknya kami merangkum ada 5 faktor yang menyebabkan penyakit kulit melanda tubuh kita, diantaranya adalah:

1. Makanan

Faktor utama yang menjadi penyebab dari timbulnya penyakit kulit adalah dari makanan yang masuk ke tubuh kita. Asupan makanan yang setiap harinya Anda konsumsi bisa saja terdapat jenis makanan yang pada akhirnya akan memicu rasa gatal di kulit.

Susu, telur, dan kacang-kacangan adalah 3 jenis dari banyaknya jenis makanan yang bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit kulit.

Maka menjadi penting bagi Anda nantinya untuk mengetahui dn mempelajari berbagai jenis makanan apa saja yang bisa menimbulkan alergi gatal di kulit. Selanjutnya Anda bisa mengurangi konsumsi makanan ke dalam tubuh dari jenis-jenis makanan yang dapat menimbulkan rasa gatal di kulit sebagai pencegahan di awal.

2. Kebersihan Lingkungan Yang Tidak Terjaga

Lingkungan yang terawat bersih bisa meminimalisir dari timbulnya dampak berbagai macam penyakit. Dan bila lingkungan di sekitar kita kebersihannya tidak terjaga maka itu akan mengundang berbagai macam penyakit datang, salah satunya adalah penyakit gatal kulit.

Kebersihan lingkungan dan kebersihan tubuh kita adalah kunci dari terbebasnya Anda dari segala macam penyakit yang ditimbulkan.

Rutin membersihkan tubuh Anda dengan rajin mandi adalah hal utama yang harus selalu Anda lakukan agar terhindar dari penyakit gatal di kulit. Karena bila selepas Anda melakukan aktivitas di luar, seperti bekerja contohnya, dimana tubuh Anda akan mengeluarkan keringat akibat dari aktivitas itu adalah salah satu jalan dari hal yang bisa memicu timbulnya penyakit gatal di kulit.

Keringat adalah biangnya dari banyak penyakit kulit yang ditimbulkan bila Anda tidak rajin dalam menjaga kebersihan tubuh. Penyakit kulit seperti panu, kudis, dan kurap adalah bebarapa contoh yang ditimbulkan karena malasnya Anda dalam merawat tubuh selepas beraktivitas yang mengeluarkan keringat.

3. Perubahan Cuaca Lingkungan

Cuaca lingkungan yang tidak menentu adalah faktor yang berpengaruh jua terhadap penyakit gatal di kulit yang ditimbulkan. Perubahan cuaca dingin ke panas atau sebaliknya dapat membuat Anda terjangkit penyakit gatal di kulit.

Hal tersebut terjadi dikarenakan kulit adalah organ tubuh manusia terluar yang sangat sensitif dan pertama kali bersentuhan dengan pergantian cuaca lingkungan.

4. Gigitan Serangga

Berkaitan pula dengan faktor nomor 2 di atas, faktor timbulnya penyakit gatal di kulit bisa akibatkan terkena gigitan serangga. Bila lingkungan tak terawat dan tubuh tak dibersihkan setelah beraktivitas yang mengeluarkan keringat, banya dari serangga yang berdatangan dan menghinggapi tubuh Anda.

Nyamuk adalah sebagian dari banyaknya serangga yang akan menghampiri lingkungan dan tubuh Anda yang kotor. Tempat-tempat yang teidak terawat kebersihannya adalah sarang terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Pergantian cuaca yang tak menentu, kebersihan lingkungan yangtak terjaga, dan gigitan karena serangga nyamuk adalah momok yang menakutkan sekarang ini. Akibat yang ditimbulkannya pun bisa tak sesederhana seperti penyakit gatal di kulit saja, namun Anda bisa terkena penyakit demam berdarah yang bila tidak ditangani secepatnya dan insentif akan berakibat fatal seperti kematian.

Maka sedari awal Anda harus terus memperhatikan kebersihan lingkungan di tempat yang Anda tinggali seperti selalu membuang genangan air dan juga tidak membuang sampah sembarangan. Karena bila itu tidak dilakukan maka akan mengundang berbagai macam serangga untuk hinggap dan berkembang biak di tempat tersebut.

5. Dikarenakan Penyakit

Timbulnya gatal di kulit bisa diakibatkan pula karena dipicu oleh penyakit lainnya yang sedang Anda alami. Penyakit cacar air adalah salah satu contoh pemicu dari penyakit gatal di kulit. Penyakit cacar air yang mengakibatkan benjolan-benjolan di kulit yang ketika sudah kering itu biasanya akan memicu timbulnhya rasa gatal di kulit. Dan kita akan sulit sekali untuk bisa menahan rasa gatal di kulit akibat yang ditimbulkan penyakit cacar air ini.

Tips Ampuh Menghilangkan Gatal Di Kulit

Setelah Anda mengetahui berbagai faktor yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit gatal di kulit sebagai upaya pencegahan agar tidak terkena penyakit gatal di kulit, namun bila akhirnya penyakit gatal di kulit ini tetap saja menerjang tubuh Anda, maka pembahan selanjutnya adalah bagaimana cara Anda untuk bisa menghilangkan penyakit gatal di kulit tersebut.

Cara yang akan kami hadirkan disini adalah tips bagaimana caranya mengobati gatal di kulit dengan menggunakan cara herbal alamai menggunakan obat-obatan tradisional.

Karena dengan cara alami tradisional ini, selain dari mudah bagi Anda untuk mendapatkannya, murah harganya, serta keampuhannya tidak kalah bila dibanding dengan obat-obatan modern.

1. Minyak Goreng dan Garam

Cara mengobati gatal di kulit dengan menggunakan perlengkapan dapur untuk memasak ini mudah sekali dalam penggunaannya. Pertama sediakan piring kecil untuk menuangkan minyak goreng secukupnya, dan lalu campurkan sedikit garam dapur di atasnya. Selanjutnya aduk terus sampai kedua bahan itu merata. Bila sudah, kemudian Anda tinggal oleskan saja campuran garam dan minyak goreng itu pada bagian kulit yang terasa gatal.

2. Jahe

Tanaman jahe ini banyak sekali manfa’at dan kegunaannya. Selain untuk bumbu dapur, jahe ini bisa untuk menghilangkan bau badan yang tak sedap. Juga jahe ini bisa kita gunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan penyakit gatal di kulit.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana, Anda siapkan sebanyak 30 gram jahe dan cuci sampai benar-benar bersih jahe tersebut. Selanjutnya ambil beras putih dan gula merah secukupnya serta cuka sebanyak 60 cc.

Kemudian bahan-bahan tadi direbus dengan air sebanyak 800 cc. Dimasak samapi air rebusan tersebut tersisa setengahnya saja. Selanjutnya Anda saring air rebusan jahe tersebut dan tunggu sampai dingin. Setelahnya, air rebusan jahe siap Anda minum, secara teratur.

3. Kulit Pisang

obat alami penyakit gatal kulit, cara menghilangkan gatal di tangan, cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat, nama obat gatal tablet, obat gatal alergi tradisional, obat gatal di apotik, obat gatal kulit menahun
Biasanya kita akan membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, namun siapa sangka ternyata kulit pisang bisa menjadi solusi bagi penyakit gatal di kulit yang Anda alami.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan bagian dalam dari kulit pisang pada kulit yang terasa gatal. Selanjutnya Anda pijat-pijat kulit pisangnya perlahan dan lakukan secara rutin dan teratur

4. Daun Salam

Selain untuk bahan penyedap masakan, daun salam juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat herbal alami dalam penyembuhkan penyakit gatal di kulit. Cara menggunakannya, pertama Anda bersihkan dahhulu daun salam tersebut dengan dicuci sampai bersih. Selanjutnya Anda tumbuk daun salam tersebut sampai benar-benar halus.

Dan hasil dari tumbukan daun salam ini bisa Anda pergunakan untuk menghilangkan penyakit gatal di kulit dengan cara mengoleskan tumbukan daun salam itu kulit yang teras gatal.

5. Tanaman Lidah Buaya

lidah buaya untuk jerawat, lidah buaya untuk muka, cara menanam lidah buaya, manfaat lidah buaya, aloe vera, lidah buaya untuk rambut, manfaat lidah buaya untuk wajah
Pada gell lidah buaya terdapat kandungan aloe vera yang bisa mengobati penyakit gatal di kulit. Cara penggunaannya pun bisa dibilang yang paling mudah diantara 4 cara di atas.

Anda hanya tinggal memotong daun lidah buaya menjadi dua potongan. Selanjutnya Anda ambil gell dari lidah buaya tersebut dan langsung oleskan kulit yang terasa gatal-gatal.

Pengobatan yang sebentar saja maka efeknya pun tidak akan langsung terasa. Maka baiknya Anda lakukan sesering mungkin untuk proses penyembuhan lebih cepat.

Itulah cara mudah dalam mengobati penyakit gatal di kulit dengan menggunakan 5 obat tradisional alternatif. Semoga bermanfa’at dan menjadi rujukan yang berguna bagi yang membutuhkan. Salam sehat!