Trending

Ramuan Darurat Di Perjalanan. Mesti Dicatat Nih Bagi Yang Suka Jalan-Jalan

niadi.net - Batuk, pilek adalah gangguan yang paling sering terjadi saat melakukan perjalanan. Sebagian dari bahan berikut perlu dibawa dari rumah, beberapa bisa didapatkan dari restoran atau hotel tempat menginap. Berikut ini ramuan sederhana yang bisa disiapkan, jika kesehatan anak mengalami gangguan.

mabuk perjalanan pada anak, mengatasi mabuk perjalanan, obat mabuk perjalanan, penyebab mabuk perjalanan, mencegah mabuk perjalanan, tips mabuk perjalanan, atasi mabuk perjalanan, menghindari mabuk perjalanan

1. Batuk Kering

- Seduh 2 sendok teh daun pegagang kering (dijual ditoko herbal) dalam gelas dengan air mendidih. Tutup dan diamkan selama 10 menit. Setelah agak dingin saring, minum sebelum makan.

- Atau bisa juga memberikan campuran air perasan jeruk nipis dengan 2 sdt cacahan bawang putih dan 2 sdm madu. Aduk rata, tempatkan dalam wadah tertutup. Minum 4x sehari masing-masing 1 sdt.

2. Sakit Tenggorokan

Kumur dengan air hangat yang dicampur dengan air jeruk nipis dan sedikit garam.

3. Pilek

Coba redakan dengan minum teh hangat yang diberi perasan jeruk nipis dan madu.

4. Demam

Bagi anak yang sudah besar, bisa diajarkan makan (mengunyah) 1 siung bawang putih. Namun bagi yang masih kecil, bawang putih diiris tipis, campurkan dalam bahan-bahan pengisi sandwich/roti. Bawang putih sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh anak, membantu meredam demam/penyakitnya.

5. Diare

Minum 1 sdm madu atau seduh 1 sdm kopi bubuk murni. Mungkin anak-anak kurang suka karena rasa pahitnya. Sebagai pilihan, jika dalam perjalanan menemukan tanaman jambu biji, ambil 5 lembar daunnya, potong-potong lalu seduh dengan air mendidih, tutup, biarkan selama 10 menit. Tunggu sampai dingin, minum.

6. Kembung

Seduh 1 sdt adas manis dengan air panas mendidih. Diamkan selama 10 menit, saring, lalu diminum selagi hangat sesudah makan. Teh adas juga berkhasiat untuk mengatasi sulit tidur karena lelah dan tegang di perjalanan.

Itulah 6 gangguan penyakit yang sering dialami oleh anak-anak ketika dalam perjalanan, dan bagaimana cara mengobatinya. Semoga membantu!
Lebih baru Lebih lama

Cek artikel niadinet lainnya via Google News

Formulir Kontak