9 Daftar Anime Jepang yang Dilarang Tayang di Indonesia dan Alasannya

Pengertian anime adalah animasi khas Jepang yang dipengaruhi gaya gambar manga, yang menampilkan berbagai tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita.

Di Indonesia, anime memiliki banyak sekali penggemar. Dari mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa, banyak yang suka dengan serial anime.

Namun sayangnya, ada beberapa judul anime yang dicekal penayangannya di televisi Indonesia, apa saja judul anime tersebut dan mengapa dilarang tayang? Berikut ini akan kami sampaikan ulasannya buat kamu!

1. Bleach

Serial anime ini bercerita tentang seorang pelajar SMA yang berkemampuan khusus dapat melihat roh. Ichigo Kurosaki akhirnya memutuskan untuk menjadi pembasmi roh-roh jahat.

Anime ini mengalami pencekalan tayang di Indonesia karena banyak adegan yang mengandung unsur kekerasan. Selain itu juga banyak karakter wanita yang menggunakan pakaian terlalu vulgar di dalamnya sehingga tidak cocok ditonton oleh anak-anak.

2. Crayon Shincan

Tingkah laku Shin-Chan yang janggal tidak seperti anak seumurannya, menjadi kelucuan tersendiri dalam serial anime ini.

Keusilannya pada mamanya, pada teman-temannya, bahkan kegemarannya menggoda wanita dewasa seperti yang papanya lakukan tentu sangat aneh dan lucu bila kamu sering mengikuti serial anime yang satu ini.

Anime Crayon Shin-Chan pernah tayang di televisi Indonesia, tetapi kemudian dicekal karena banyak adegan yang mengarah ke p*rnografi dan dikhawatirkan tingkah laku shinchan yang usil dan agak mesum ini akan ditiru oleh banyak anak-anak di Indonesia.

3. Detective Conan

Diperankan oleh Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang sering membantu polisi dalam memecahkan berbagai kasus. Saat mengawasi sebuah kasus, ia diserang oleh 2 anggota sindikat misterius.

Tubuhnya jadi mengecil setelah diberi racun yang sebenarnya ditujukan untuk membunuhnya. Namun, anggota sindikat misterius tidak mengetahui bahwa Shinichi belum mati, dan tubuhnya hanya mengecil karena efek samping dari racun tersebut.

Alasan pencekalan anime yang dulu sering ditonton oleh generasi 90-an ini dianggap dapat menginspirasi orang jahat untuk melakukan tindak kriminal yang terencana.

Berbagai trik pembunuhan maupun pencurian yang terjadi dalam film anime ini dikhawatirkan dapat dicontoh oleh masyarakat atau anak-anak yang menontonnya.

4. Inuyasha

Cerita bermula ketika seorang gadis SMU bernama Kagome sedang mencari kucingnya yang jatuh ke sumur. Ketika hendak masuk ke dalam sumur, ia diserang oleh siluman kelabang karena ternyata Kagome memiliki Bola Empat Arwah.

Kagome kemudian diseret masuk ke dalam sumur dan dibawa ke zaman Sengoku Jidai. Di sinilah kemudian dia bertemu dengan Inuyasha, manusia setengah siluman yang juga berniat membasmi para siluman.

Anime ini sempat ditayangkan di dua stasiun televisi, namun akhirnya kini dicekal penayangannya karena banyak unsur pembunuhan dan pembantaian sadis di dalam ceritanya. Dikhawatirkan unsur kekerasan dan pembunuhan yang ditayangkan dalam serial anime ini dapat ditiru oleh anak-anak.

5. One Piece

Tokoh utama dalam serial anime ini bernama Luffy yang bercita-cita ingin menjadi bajak laut yang hebat. Dia pun mulai merekrut teman-teman untuk berlayar bersamanya.

Anime yang cukup laris di Indonesia ini pada akhirnya dicekal karena banyak adegan yang mengandung unsur kekerasan di dalamnya. Selain itu, para karakter wanita dalam anime ini disinyalir menggunakan pakaian yang terlalu seksi dan mengandung unsur p*rnografi.

6. Naruto

Serial anime Naruto sangat populer di Indonesia dan sempat tayang di beberapa stasiun TV di Indonesia. Berawal dari kisah seorang remaja di sebuah Desa bernama Konoha. Naruto ingin menjadi ninja yang hebat dan menjadi seorang Hokage untuk melindungi desanya dan memberi kedamaian di dunia Shinobi.

Naruto merupakan serial anime yang sangat populer di Indonesia. Meski sempat dicekal penayangannya, kini anime Naruto telah kembali tayang namun dengan adanya sensor dan pemotongan gambar pada adegan-adegan yang mengandung unsur kekerasan.

7. Death Note

Cerita bermula ketika Yagami menemukan sebuah buku yang ternyata kepunyaan dari Dewa Kematian bernama Ryuk. Death Note tersebut digunakan oleh Ryuk untuk menciptakan dunia baru yang bersih dari orang-orang jahat dan menjadikan Ryuk sebagai Dewa Utama dalam kehidupan.

Serial anime ini sempat tayang sebentar di dua stasiun televisi, namun kemudian dicekal penayangannya karena terdapat unsur kekerasan dan pembunuhan sadis dalam adegan-adegannya.

8. Rave Master

Serial anime yang sempat tayang sebentar di salah satu stasiun TV Indonesia ini harus mendapat pencekalan karena banyak adegan di dalamnya yang mengandung unsur kekerasan dan pembunuhan yang dikhawatirkan akan dicontoh oleh anak-anak.

9. Mermaid Melody Pichi Pichi Pitch

Anime ini berkisah tentang petualangan para mermaid (putri duyung) cantik yang memiliki misi untuk membuat laut kembali tenang. Para Mermaid harus mencegah Gakto dan Mikeru sebagai musuh utama mereka yang ingin menguasai 7 laut.

Serial anime Pichi Pichi Pitch pernah tayang sebentar di Indonesia, namun pada akhirnya harus dicekal penayangannya karena banyak karakter cewek di anime tersebut yang mengenakan pakaian terlalu seksi dan vulgar sehingga tidak baik untuk ditonton oleh anak-anak.

Selain itu, juga banyak adegan hot yang mengandung unsur p*rno aksi, seperti berciuman bahkan ada juga yang ML. Wah, gak baik juga nih kalo ditonton oleh anak-anak.

Ada banyak kontroversi dalam pencekalan tayangan anime-anime di televisi Indonesia. Terutama para penggemar anime, mereka sangat menyayangka kalau beberapa anime harus dicekal penayangannya. Tapi ada benar juga sih kalau dicekal, pasalnya sekarang ini banyak serial anime yang memang ditujukan untuk ditonton oleh mereka yang berusia dewasa.

Menurut kamu gimana? Apakah setuju bila anime-anime yang kami sebutkan di atas harus dicekal penayangannya? 9 Daftar Anime yang dilarang tayang di indonesia berikut Alasannya. – #ad

You May Also Like