Belajar Menerima Perubahan

Perubahan adalah hal yang pasti dalam Kehidupan ini, bagiku dan mungkin Anda perubahan adalah masalah yang sulit diatasi. Namun tak perduli saya suka atau pun tidak, karena saya akan selalu berurusan dengan perubahan tersebut.

“Tubuhku berubah, pikiranku pun berubah, hidupku berubah, dan lingkungan sekitarku pun ikut berubah.”

Perubahan selalu datang dalam kehidupanku. Kadang perubahan itu terjadi perlahan-lahan, namun di lain waktu perubahan terasa begitu cepat. Dan apakah aku mampu menerima berbagai macam perubahan itu.

Terlintas dalam pemikiran ini untuk mempelajari perubahan itu yang mungkin saja terdapat keuntungan di dalamnya. Disadari atau pun tidak dalam setiap usaha maka hasilnya tak akan sia-sia, hingga mungkin aku tak akan lagi merisaukan hal-hal kecil atau bahkan hal-hal besar sekalipun.

Ketika perubahan itu datang, maka pilihan-pilihan berada tepat disampingnya. Tak ada pilihan-pilihan lain dari perubahan itu, yaitu menerimanya atau malah menentangnya.

Apakah saya harus menentang perubahan itu dengan segenap kekuatan yang saya miliki. Ataukah saya harus menerima perubahan itu dan merasakan penderitaan dalam guncangan pemikiran. Ya… sebagian perubahan itu terjadi secara perlahan-lahan, sehingga tidak tampak oleh mata hati ini.

Dengan sedikit menutup mata dan membayangkan perubahan itu, terlintas sedikit jawaban tentang semua perubahan itu. Ya, memang semua perubahan itu diperlukan, karena tanpa itu maka diri ini pun belum tentu masih bisa berdiri menikmati dunia.

Apakah saya mampu menerima perubahan-perubahan tersebut, dan mampu membuat diri ini mengikuti arus perubahan. Apabila saya terus berharap untuk tetap memiliki segala sesuatu di luar batas kemampuan saya, maka selamanya saya akan terus menderita. Namun jika saya dapat menerima kenyataan dan bahwa memang perubahan itu sangat diperlukan dalam hidup ini, maka saya akan merasa tenang dan tersadar akan pentingnya perubahan yang mungkin akan pula membantu-ku dalam melihat kesempurnaan hidup pada hari ini dan bukan hidup waktu itu atau seharusnya.

Perubahan yang sangat kecil sekalipun dapat membuat perbedaan yang sangat besar. Namun inilah perubahan yang sedang terjadi, suka atau tidak, perubahan akan selalu datang dan terjadi dalam hidup ini.

-perubahan hanyalah suatu bentuk, namun lebih bagaimana cara kita menilai dan menjalaninya saat ini dan akan datang-